10 tips aman saat berada di dapur - jasa interior bogor - kitchen set bogor
/ by /   Informasi / 0 comments

10 Tips Aman Saat Berada di Dapur | Kitchen Set Bogor

10 Tips Aman Saat Berada di Dapur | Kitchen Set Bogor

Kitchen Set Bogor | Saat memasak dengan pisau tajam dan panas yang hebat, kecelakaan bisa saja terjadi di dapur. Memahami bahaya, dapat membantu Anda dan keluarga Anda terhindar dari luka, terbakar, dan serangan keracunan makanan. Berikut adalah 10 tips apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berada di dapur.

1. Kenakan pelindung kaki

Pernah menjatuhkan pisau? Bayangkan itu mengenai kaki Anda. Aduh! Mengenakan pelindung kaki seperti sepatu saat Anda memasak selalu dianjurkan. Sepatu tidak hanya akan melindungi Anda dari benda tajam yang jatuh, tetapi mereka juga akan melindungi Anda dari kecelakaan dapur lainnya seperti pecahan kaca dan air panas atau tumpahan minyak.

2. Pelajari cara memadamkan api

Memasak adalah penyebab utama kebakaran dan cedera yang terjadi di rumah kita. Pastikan untuk selalu memiliki alat pemadam api di dapur Anda dan tahu cara menggunakannya. Hanya perlu beberapa detik agar api tidak terkendali.

Pelajari tentang berbagai jenis kebakaran seperti kebakaran karena kebocoran gas dan listrik. Jangan pernah memadamkannya dengan air. Sebaliknya, cara terbaik Anda untuk memadamkannya adalah dengan menggunakan soda kue atau tutup panci. Memadamkan api dengan menghilangkan udara adalah cara terbaik untuk memadamkan sebagian besar kebakaran. Api di dalam oven Anda paling baik padam dengan alat pemadam kebakaran, dan api microwave bisa padam hanya dengan mematikan alat dan menjaga pintu tetap tertutup.

3. Pelajari cara menggunakan pisau

Pisau tumpul lebih cenderung menyelinap dan memotong Anda daripada pisau tajam. Menjaga pisau Anda tetap tajam adalah salah satu cara termudah untuk menjaganya tetap aman. Cara yang sederhana adalah dengan menggunakan pengasah pisau untuk mempertahankan mata pisau yang tajam. Anda juga harus memilih pisau yang sesuai untuk tugas yang sedang dihadapi. Dengan kata lain, menggunakan pisau daging untuk mengiris stroberi bukanlah ide terbaik.

4. Kenakan pakaian yang aman

Jangan mengenakan baju panjang yang longgar di dapur. Dapatkah Anda bayangkan lengan baju Anda terbakar di atas kompor gas? Hasilnya bisa menakutkan. Secara umum, atasan dengan lengan baju yang pas atau tanpa lengan baju paling cocok. Juga, hindari mengenakan sesuatu yang mudah terbakar atau sintetis; ketika terlalu panas, kain ini bisa meleleh ke kulit Anda.

5. Cegah luka bakar

Pastikan saat memasak bahwa pegangan panci dan wajan diputar ke dalam. Selalu sediakan potholder atau sarung tangan oven saat memegang apa pun di atas kompor atau oven. Jangan gunakan lap basah atau lap piring karena mereka tidak akan mencegah panas membakar tangan Anda.

6. Selalu cuci tangan Anda

Penting untuk mencuci tangan Anda menggunakan sabun dan air hangat sebelum dan sesudah memasak. Cobalah menggunakan handuk kertas untuk mengeringkan tangan Anda sesudahnya karena jika handuk menyentuh daging atau jus mentah, itu dapat menyebabkan keracunan makanan. Pastikan juga untuk membersihkan semua permukaan dan bak cuci di tempat yang tersentuh oleh daging atau jus mentah.

7. Saat mengaduk, angkat dan sedikit jauhkan dari tubuh Anda

Saat mengangkat tutup panci, ada kondensasi di bagian atas. Saat mengangkatnya ke arah Anda, kondensasi yang mendidih dapat menetes ke kulit Anda dan dapat menyebabkan luka bakar. Hal yang sama berlaku untuk pengadukan. Pastikan Anda selalu memberi jarak saat mengaduk.

8. Jangan meletakkan piring kaca panas di permukaan yang basah atau dingin

Sebenarnya ada banyak ilmu di balik tips ini. Kaca mengembang ketika menjadi hangat dan menyusut ketika menjadi dingin, yang menyebabkan stres, menghasilkan pembakaran kaca. Tempat terbaik untuk memasang tutup kaca adalah di atas trivet, talenan atau potholder.

9. Jangan menggunakan peralatan logam pada produk anti lengket

Memasak dengan peralatan logam di atas teflon atau wajan anti lengket dapat menyebabkan terkelupasnya teflon. Ini bisa menyebabkan tercampurnya senyawa beracun ke dalam makanan Anda. Solusi yang lebih baik: Gunakan sendok kayu atau plastik.

10. Jangan gunakan talenan yang sama untuk daging, buah-buahan dan sayuran mentah

Kita semua ingin menghindari mencuci piring ekstra, tetapi ini adalah satu area di mana Anda tidak boleh mengambil jalan pintas. Menggunakan talenan yang sama untuk daging, buah-buahan dan sayuran adalah cara yang pasti untuk membuat seluruh keluarga sakit dengan keracunan salmonella.

FDA menyarankan Anda menggunakan dua talenan terpisah: satu untuk daging mentah, unggas dan makanan laut, dan satu lagi untuk buah-buahan dan sayuran segar. Jika Anda harus menggunakan papan yang sama, yang paling aman adalah menyiapkan buah dan sayuran terlebih dahulu, cuci talenan sepenuhnya dengan sabun dan air panas, lalu persiapkan daging Anda.

Baca juga : 5 Tips Membuat Ruang Tamu Modern

Demikianlah 10 tips aman saat berada di dapur. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda dan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan di dapur. Untuk berkonsultasi tentang jasa kitchen set bagi Anda yang berlokasi di Bogor, Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi dan sekitarnya, dapat menghubungi kami baik melalui online chat maupun nomor whatsapp yang telah tersedia.

Happy cooking and stay healthy.